Keterkaitan: Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

Film I Robot, menggambarkan suasana tahun 2035 di kota Chicago, Amerika Serikat, yaitu sebuah kehidupan yang serba canggih dan sudah berubah dari mulai gaya hidup sampai bentuk pelayanan publik sehingga semua pelayanan publik digantikan tenaga Robot.
Film yang diangkat dari koleksi cerita pendek Isaac Asimov dan diangkat kelayar lebar dibawahan arahan sutradara Alex Proyas yang membidani film “Dark City” dan “The Crow” mempercayakan tokoh utamanya kepada Will Smith sebagai detektif Del Spooner yang menjadi satu-satunya orang yang mengendus ketidakberesan para robot, NS 5,
Dalam Film I Robot bagaimana sutradara mengkonstruksi kehidupan manusia di tahun 2035 . Semua
menggambarkan kecanggihan masa depan, mulai bentuk arsitektur bangunan baik interior dan eksterior, mobil, ruang publik, telekomunikasi dan informasi dan lain-lain. Manusia dikonstruksi sebagai makhluk yang lebih hebat daripada robot, semua kaki tangan manusia adalah robot.
Selain itu, teknologi komunikasi yang dapat dilihat dari film ini adalah dalam penciptaan sebuah alat yang bernama proyektor hologram. Hologram bewarna hijau ini dapat memunculkan bayangan orang mati, dan diprogram seolah-olah orang mati tersebut dapat berkomunikasi dengan manusia dengan jawaban terbatas.
Di jamanseperti ini sudah banyak robot yang diciptakan mulai dari robot yang berkerja mandiri ataupun dapat berinteraksi dengan manusia. Jadi, teknologi robot dan system digital yang diciptakan oleh manusia bisa sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Sehinga dapat menerima input dan memberikan output yang lebih sempurna selayaknya seperti manusia sesungguhnya. Interaksi antara manusia dengan computer (Robot) sudah tidak ada batasan sebuah hubungan antara makhluk hidup dan benda mati bahkan robot tersebut mempuyai perasaan seperti manusia juga. Bisa juga sangat merugikan manusia, dan merusak kehidupan manusia jika terjadi kekacauan pada system.

0 komentar:

Posting Komentar

Ads: 468x60


Music

BThemes