Topik Penulisan Ilmiah

Judul Penulisan Ilmiah (PI) saya adalah Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif dengan macromedia authorware 7.0

Macromedia Authorware 7.0
Macromedia Authorware 7.0 merupakan software yang tepat untuk membuat berbagai bentuk sajian visual yang dapat mengintepretasikan berbagai media, seperti video, animasi, gambar dan suara. Sehingga program ini cukup handal dalam pembuatan berbagai macam aplikasi tutorial yang interaktif dan menarik. Dengan Macromedia Authorware 7.0 Anda dapat membuat program pembelajaran multimedia interaktif untuk pendidikan, presentasi baik komersial maupun non komersial, maupun laporan ilmiah

Program ini juga didukung beberapa software animasi, grafis, dan sound (suara) yang bisa dikombinasikan menjadi suatu tampilan multimedia yang berkualitas. Software-software tersebut antara lain: Macromedia Flash MX, Director MX, Quick Time, Adobe Photoshop, Corel Draw, Cool Edit, dan sebagainya.

Latar Belakang Masalah

Pada tahun-tahun belakangan ini, komputer mendapatkan perhatian besar dalam kegiatan pembelajaran/instruksional (CAI atau Computer Assisted Instruction), dengan kecepatan penguasaan materi yang dapat diatur sendiri oleh pemakainya. Karena komputer nampaknya sangat cocok untuk belajar secara individual, pengembangannya sebagai alat instruksional sangat dipengaruhi oleh kemajuan pembelajaran terprogram. Maraknya pameran-pameran komputer di berbagai kota akhir-akhir ini, situs-situs internet yang bertema IT (Information of Technology), serta merebaknya Lembaga Pendidikan Komputer yang menawarkan program-program pendidikan yang menarik bagi berbagai kalangan usia, menunjukkan betapa tingginya minat masyarakat terhadap dunia komputer. Hal ini merupakan suatu peluang sekaligus tantangan tersendiri bagi para praktisi untuk membuat program-program pendidikan yang menarik dan interaktif. Kemajuan di bidang sains dan teknologi, khususnya bidang komputasi pada era globalisasi ini sudah merebak ke segala bidang sehingga kehadiran teknologi komputasi ini tak bisa dihindari lagi.


Permasalahan

Berdasarkan uraian di atas, dapat dirumuskan permasalahan penelitian ini, yaitu “Bagaimana mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif dengan Macromedia Authorware 7.0 pada materi Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus”?


Pembatasan Masalah

Supaya lebih fokus, permasalahan dalam penelitian ini dibatasi sebagai berikut:
1. Bagaimana membuat program pembelajaran interaktif dengan Macromedia Authorware 7.0 pada materi pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus?
2. Apakah media/program yang dibuat sesuai dengan standar atau kriteria kelayakan media pembelajaran?

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah
1. Mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif dengan pembuatan program pembelajaran Fisika pokok bahasan Kinematika Gerak Lurus dalam bentuk compact disc (CD).
2. Menguji kelayakan media (program) yang telah dibuat melalui uji coba pada siswa


Manfaat Penelitian

Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini antara lain:
1. Sarana dan prasarana laboratorium Fisika termanfaatkan.
2. Dihasilkan CD Pembelajaran Kinematika Gerak Lurus yang dapat dijadikan variasi pembelajaran dan meningkatkan kreativitas pengajar.
3. Pelajar dapat mengembangkan pengetahuan dan pengalaman serta meningkatkan motivasi untuk terus belajar.

0 komentar:

Posting Komentar

Ads: 468x60


Music

BThemes